Pages

Wednesday, April 25, 2012

Dream Cathcers


Pernahkah anda mendengar tentang dream catcher ? Baru- baru ini banyak sekali kerajinan yang membuat dream catchers ini . Dream catchers merupkan  seni tradisionl asli Indan Amerika dari suku (chippewa) Ojibway.Orang Ojibway menganyam helai demi helai seutas tali membentuk pinggiran lingkaran yang ditengahnya terdapat anyaman seperti jaring laba-laba. Anyaman ini terbuat dari urat jaring pohon willow.



Ojibway sendiri berasal dari kata bawaajige nagwaagan yang berarti "dream snare" . Pinggirannya biasa menggunakan ranting kayu yg lentur dengan hiasan manik-manik dan bulu yang indah. Di bagian bawah lingkaran kayu itu terdapat dua atau lebih bulu yang tergantung-gantung . Umumnya besar dari Dream Catchers itu sendiri hanya sekitar 3½ inch.
Konon menggantungkan dream catcher pada dinding, depan pintu atau langit-langit, dapat melindungi anak-anak saat tidur dari mimpi buruk . Karena sesuatu yang buruk dipercaya akan terjaring dan segla macam mimpi baik akan lewat melalui lubang yang terletak pada tengah-tengah anyaman. Mitos tersebut berasal dari seorang pemimpin tua penduduk asli dari suku bangsa Indian Lakota yang bernama iktomi yang hidupnya menetap di puncak gunung yang tinggi. Di gunung tersebut ia mendapatkan visi bahwa ada seorang penipu besar muncul dalam bentuk laba-laba. Iktomi berbicara dengan bahasa roh yang hanya dapat dimengerti oleh para petua suku. Saat itu ia mengambil sebuah benda berbentuk lingkaran yang sudah tua dan digantung kan bersama rambut kuda, manik-manik serta aneka persembahan.
Legenda suku Navajo Ojibwe dan Chippewa menceritakan jaring tersebut daat menangkap mimpi buruk, mencegah masuknya ke dalam mimpi impian sementara mimpi yang baik akan melewati lubang ditenghnya. Dalam legenda ini matahari akan memurnikan jaring-jaring itu dari mimpi-mimpi buruk yang ditangkapnya semalam. Penangka mimpi untuk anak-anak yang disebutkan memiliki sbuah bulu di tengah lubangnya sehingga mimpi yang baik masuk kedalam bulu itu dan masuk kedalam mimpi.
      Penangkap mimpi tradisional memiliki 8 titik tempat jaring menempel pada lingkaran yang melambangkan 8 kaki laba-laba. yang menggambarkan energi penciptaan wanita, kebijaksanaan dan pembelajaran. Bulu yang bermakna kekuatan udara,angin, kebenaran, kecepatan,acession, lightness dan doa. Terlihat pada upacara saat menurunkan hujan bulu digunakan pada tongkat yang digunakan untuk menari. Sedangkan simbol anyaman pada lingkaran bermakna energi  matahari. Simbol ini juga melambangkan orang yang cinta kedamaian dan seni penyembuhan. 

If you have a website of native dreamcatchers to add to this list, let us know. We gladly advertise any individual native artist or native-owned art store here free of charge, provided that all dreamcatchers are made by tribally recognized American Indian, Inuit, or First Nations artists. :) "support traditional from worldwide  !"



0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2012 Likes a Rockcorn !. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates